Diduga Melakukan Tracing, Pencipta No Game No Life Terancam Reputasinya?

Seseorang di Twitter dengan username @rotiflride mengatakan bahwa ilustrasi dari Light Novel No Game No Life milih Kamiya Yuu itu terbukti adalah hasil dari Tracing. Franchise No Game No Life sangat populer di kultur Timur maupun Barat, tentunya berita seperti ini cukup mengejutkan fans yang sudah menonton/membaca No Game No Life ini. Namun sayangnya akun Twitter @rotiflride telah di suspend sejak tulisan ini dibuat, dengan alasan yang belum diketahui sebabnya.

Tracing secara singkat adalah teknik menggambar dimana kita menjiplak sebuah gambar yang biasanya menggunakan kertas semi transparan, namun tidak harus selalu menggunakan kertas semi transparan, dapat juga menggunakan software komputer. Inti dari tracing adalah menggambar cepat dengan menjiplak gambar yang sudah ada sebelumnya. Jika mengambil definisi singkat dari Google maka Tracing adalah

tracing

 

Terlepas dari penggunaan Tracing digambar sendiri, mengunakan Tracing terhadap gambar orang lain dapat dikatakan sebagai mencuri gambar orang tersebut. Mungkin akan banyak yang berpendapat tentang hal ini dan tidak akan ada habisnya, namun apakah menggunakan beberapa referensi pose untuk gambar dapat dikatakan Tracing? Terlepas dari kebenaran hal tersebut, berikut adalah gambar-gambar yang sepertinya diupload oleh username yang bernama @rotiflride tersebut.

Klik gambar untuk perbesar gambar

Kamiya Yuu bukan satu-satunya ilustrator yang pernah tertangkap basah melakukan tracing terhadap gambar orang lain. Sou Miyata, karakter designer dan ilustrator untuk novel Muv-Luv Alternative: Total Eclipse juga tertangkap basah melakukan hal tersebut dan akhirnya dipecat dari posisinya.

Hingga saat ini belum ada pemberitahuan resmi lebih lanjut tentang gambar-gambar yang beredar dan semua ilustrasi NGNL ini. Apakah Kamiya Yuu akan mengalami hal yang sama seperti Sou Miyata?

Sumber: Haruhichan

You may also like...

Top