Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri Episode 1-3

Sinopsis:

Agustus, 20xx sebuah gerbang menuju dunia paralel tiba-tiba muncul di Ginza, Tokyo. Gerbang yang disebut sebagai “Gate” ini mengeluarkan berbagai monster dan pasukan dari era lain dan menciptakan bloodbath di shopping district.

Japan Ground Self-Defense Force (JGSDF) turun tangan dan berhasil mendorong para monster kembali kedalam gerbang tersebut. Untuk mengantisipasi serangan di masa yang akan datang JGSDF mengirim pasukannya ke “Special Region” yang berada di sisi lain gerbang tersebut.

Youji Itami, 33 tahun, seorang letnan JSDF ditunjuk menjadi pemimpin unitnya. Selain serangan dari berbagai monster mereka mengunjungi berbagai macam tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya dan mempelajari budaya dan geografi disana.

Prolog:

Melanjutkan dari review episode lalu yang terlihat seperti terabaikan (lol) kami memutuskan untuk melakukan review singkat dan ringan untuk beberapa anime musim panas yang menurut kami sendiri sayang untuk dilewatkan, banyak judul dengan segala genre dan plot cerita yang disajikan ditambah jika anda adalah fanboy dari salah satu studio anime yang memproduksi animasi tersebut sangat sayang melewatkan semua ini apalagi dengan alasan bahwa kalian tidak sadar ada anime itu dari awal. Maka dari itu, mulai minggu ini hingga kedepannya kami akan melakukan review singkat tiap episode yang tayang.

Story & Review:

Suatu gerbang misterius muncul ditengah kota dan menghubungkan antara dua dunia yang berbeda, umat manusia yang mendapatkan serangan dari dimensi lain menciptakan chaos dimana-mana. Namun tidak lama setelah itu bantuan dari Japan Self Defense Force datang dan berhasil mendorong kembali serangan pasukan dari serangan naga dan makhluk fantasi yang tidak seharusnya ada di era modern ini. Youji Itami, seorang otaku yang berumur 33 tahun mempunyai prinsip “Bekerja untuk mensupport hobi” kebetulan akan pergi ke sebuah doujin festival disana tidak terima akan kericuhan yang dihasilkan oleh serangan monster dari gerbang tersebut karena dapat membatalkan penyelenggaraan doujin festival yang sudah dia nantikan dari dulu. Itami membantu mengevakuasi penduduk dan polisi setempat hingga JSDF datang. Meskipun serangan berhasil ditekan namun angka korban kematian tidak dapat dihindarkan.

gate07

Itami yang berperan banyak sebagai warga negara biasa saat penyerangan berlangsung mendapatkan penghargaan dari pemerintah Jepang dan mendapatkan jabatan letnan pertama di JGSDF (Japan Ground Self-Defense Force). Namanya cukup dikenal terutama di kalangan GSDF itu sendiri, meskipun Itami merasa kecewa karena pada akhirnya dia tidak dapat mencegah pembatalan penyelenggaraan doujin festival tersebut. Itami yang akhirnya lebih memilih hobinya ketimbang bekerja akhirnya menerima penghargaan tersebut dengan setengah hati.

gate08

Beberapa tahun kemudian Pemerintah Jepang mempersiapkan sebuah ekspedisi untuk JGSDF agar menjelajahi “Special Region” dunia dibalik gerbang tersebut, mempelajari geografis, budaya dan berinteraksi sosial dengan warga disana. Awal kehadiran mereka disambut dengan ratusan ribu pasukan berkuda serta monster dan naga terbang yang sebelumnya pernah menyerang balik Jepang beberapa tahun yang lalu. Namun apa daya perbedaan kekuatan dan teknologi dari GSDF membuat mereka menang dengan mudah, senjata api, tank dan machine gun berhasil mengalahkan ratusan ribu pasukan dan penguasa disana. GSDF akhirnya membuat markas di Arnus Hill sebuah bukit dimana mereka muncul setelah melewati gerbang misterius itu. Penguasa “Special Region” sempat membuat aliansi yang dibentuk oleh para pemimpin disana untuk mendapatkan kembali teritorial Arnus Hill namun kesiapan pertahanan GSDF jauh lebih baik sehingga mereka semua akhirnya kalah dalam medan perang.

gate09

Letnan Itami ditugaskan untuk menjelajahi dan mempelajari daerah sekitar, ditunjuk sebagai pemimpin Third Recon Team, Itami dan pasukannya menjelajahi “Special Region” dan akhirnya berhenti di “Coda Village”. Ditengah perjalanan mereka melihatseekor naga api raksasa yang membakar hangus sebuah pemukiman warga dari kejauhan, melihat segala persiapan yang mereka bawa tentu kemungkinan untuk dapat mengalahkan naga tersebut adalah kecil. Setelah menginspeksi keadaan pemukiman tersebut yang hangus terbakar, tidak ada warga yang selamat kecuali seorang Elf yang terjebak didalam sumur.

gate10

Kembali ke Coda Village dengan membawa berita bahwa naga api telah datang, satu desa tersebut harus mengevakuasi dan pindah tempat karena cepat atau lambat naga tersebut akan kembali untuk menyerang mereka semua. Itami dan pasukan lainnya membantu warga mengevakuasi dan pindah mencari tempat baru. Selama diperjalanan mereka bertemu dengan mage berambut biru dan seorang wanita yang berpakaian lolita. Hingga yang mereka takutkan benar terjadi, naga tersebut kembali untuk menyerang rombongan penduduk yang sedang dalam perjalanan dan membakar beberapa kereta kuda milik warga, kematian tidak dapat dihindari. Kepala desa Coda mengatakan bahwa mereka tidak bisa mengurus pada orang tua dan anak kecil yang sudah tidak memiliki keluarga yang mati dalam serangan tersebut, mereka juga harus mengurus diri mereka sendiri hingga akhirnya anak-anak, orang tua dan ketiga wanita tersebut bergabung dengan GSDF selama perjalanan.

gate11

Melihat penjelasan unvierse dari Gate dari episode 1 hingga episode 3 cukup menjelaskan apa yang terjadi didalam cerita ini dan konflik yang ada. Meskipun hanya sekedar menjelaskan cerita awal dan sisi baik dari Itami dalam menghadapi semua ini. Mungkin konflik yang sebenarnya belum dimunculkan karena dijelaskan pada episode 2 bahwa negara selain Jepang menginginkan sumber daya alam yang tersedia dari Special Region ini. Dapat dikatakan bahwa yang sebenarnya terjadi adalah sekarang JSDF lah yang mendominasi kehidupan disana. Dengan matinya beberapa pemimpin disana membuat warga sipil hidup tanpa ada pemimpin yang melindungi mereka. Sepertinya dalam beberapa episode kedepan konflik yang dimunculkan adalah permasalahan kekuasaan, ekonomi dan politik. Kita nantikan saja kelanjutannya!

Dari skala 1 sampai 10, berapa skor kalian untuk anime Gate ini? tulis di kolom komentar ya!

 

You may also like...

Top