Joukamachi no Dandelion Episode 1-3

Sinopsis:

Keluarga Sakurada adalah keluarga yang terdiri dari sebelas orang didalam rumah yang biasa. Yang membuat spesial ayah mereka adalah seorang raja dan setiap anak memiliki kekuatan super natural yang unik. Maka dari itu, untuk memastikan keselamatan mereka dan untuk membantu warga menentukan siapa raja berikutnya, rumah mereka diawasi lebih dari 200 kamera pemantau.

Prolog:

Anime yang satu ini awalnya sangat menarik perhatian terutama saat membaca di bagian sebuah rumah diawasi oleh 200 kamera, bagaimana itu mungkin? Alasan selanjutnya adalah karena Joukamachi no Dandelion menyuguhkan sebuah tontonan ringan bagi yang tidak ingin melihat plot dengan setting yang lumayan serius atau sejenisnya. Alasan terakhir karena HanaKana mendapatkan peran didalam anime ini.

Story & Review:

Diawali dengan perkenalan kegiatan sehari-hari keluarga Sakurada, tidak ada bedanya dengan kehidupan orang biasa pada umumnya, bangun telat, bergilir menggunakan kamar mandi, membantu menyiapkan sarapan dan kegiatan umum lainnya yang dilakukan setiap pagi. Sudah merupakan keputusan ayah mereka, Soichiro bahwa meskipun keluarga Sakurada adalah darah keturunan raja, mereka tetap harus tinggal dirumah yang sama seperti warga negara lainnya.

Hal ini ditujukan agar seluruh anggota keluarga Sakurada dapat merasakan kehidupan yang normal seperti orang pada umumnya. Meskipun mereka hidup ditempat yang biasa, hal itu tidak membuat Sakurada Akane senang karena ada lebih dari 200 lebih kamera pengintai (cctv) yang secara ekslusif dipasang oleh ayah mereka untuk mengawasi seluruh pergerakan kesembilan saudara Sakurada ini.

Akane merupakan anak ke-4 dari 9 bersaudara dan satu-satunya yang paling pemalu diantara yang lain. Tidak ingin kehidupannya diekspos ke masyarakat, Akane bahkan menghafal seluruh letak kamera cctv di seluruh kota hanya untuk menghindari dirinya terekam oleh kamera. Hal ini tentu membuat siapapun yang berangkat kesekolah bersama Akane akan datang sedikit lebih telat karena mereka harus memutar rute perjalanan hanya untuk mencari blind spot kamera itu sendiri.

JnD-cctv

Alasan untuk semua pemasangan kamera ini bukan lain karena keputusan ayah mereka untuk mengadakan pemilihan umum untuk menentukan siapa raja selanjutnya yang akan dilaksanakan April tahun depan. Dengan memasang kamera yang tersebar diseluruh kota dibantu dengan sebuah channel TV ekslusif milik kerajaan “Sakurada Family News” (Berita Keluarga Sakurada) semua ini serta-merta bertujuan untuk membantu warga untuk mengenal lebih jauh seluruh kandidat yang menjadi calon penerus raja selanjutnya.

Akane yang bahkan tidak percaya bahwa ayahnya serius akan hal ini akhirnya menjalani kehidupan sehari-harinya dengan terus menghindar dari tangkapan kamera, sekolah dan rumah adalah satu-satunya tempat teraman dan ternyaman untuknya karena disanalah Akane tidak mendapatkan perlakuan spesial dari sekitarnya.

JnD-1

Setiap anggota keluarga Sakurada memiliki kekuatan spesial sebagai bukti bahwa mereka adalah keturunan kerajaan. Kekuatan Akane adalah “Gravity Core” dimana dia dapat memanipulasi berat badan dirinya dan siapapun yang dia sentuh. Meskipun sangat malu saat dirinya diekspos ke masyarakat, Akane tidak suka menggunakan kekuatannya untuk menghindari tangkapan kamera cctv yang disebar diseluruh kota karena dia merasa melakukan kecurangan jika melakukan hal itu setiap hari.

Namun, Akane tidak ingin Aoi yang berusaha membantunya menuju kesekolah tanpa tertangkap kamera terlambat datang kesekolah, akhirnya dia terpaksa menggunakan kekuatannya untuk segera terbang agar mereka berdua tidak terlambat menuju kesekolah. Akane yang terbang dengan kecepatan penuh membuat Aoi dapat melihat celana dalam Akane saat terbang. Meskipun dengan semua hal yang mengganggunya, Akane tetap memiliki keadilan dan keharusan untuk membantu orang. Terlihat saat Akane dan Aoi yang berpapasan dengan pencuri dompet, Akane tanpa berfikir dua kali langsung menggunakan kekuatannya untuk menangkap pencuri tersebut, ditambah dengan penutup pantyshot. Pencuri tersebut ditangkap oleh pihak kepolisian dan menyebabkan Akane masuk kedalam berita untuk “Sakurada Family News”, salah satu hal yang paling membuatnya merasa malu karena ditonton oleh ratusan masyarakat.

JnD-3

Pada keesokan harinya, Soichiro meminta kesembilan kandidat raja Sakurada selanjutnya untuk hadir didalam sebuah acara televisi. Mereka akan memainkan sebuah permainan dimana masing-masing akan berlomba untuk mengumpulkan sebuah boneka yang diletakan disebuah atap gedung. Tujuan utama dari acara ini adalah sebagai hiburan dan juga agar penonton dapat lebih mengenal kandidat raja selanjutnya beserta dengan kekuatannya. Dalam permainan ini setiap anggota keluarga Sakurada diperbolehkan untuk meggunakan kekuatan supernya untuk mendapatkan boneka tersebut.

Yang paling sedikit mengumpulkan boneka akan dihukum untuk membersihkan kamar mandi kastil kerajaan, tentu saja Akane berfikir tidak masalah untuk sekedar membersihkan kamar mandi. Dia lebih memilih untuk melakukan hukuman tersebut ketimbang harus tampil di hadapan orang banyak, tapi dia merubah pikirannya dan setidaknya mencoba untuk tidak jadi yang terakhir setelah tahu berapa banyak jumlah kamar mandi disana. Mulai dari sini setiap kandidat memperlihatkan kemampuan supernya untuk mendapatkan boneka tersebut.

JnD-akane

Sakurada Akane:

Manipulate Weight (Gravity Core), dapat memanipulasi berat badan dirinya dan orang yang dia pegang.

JnD-AoiShiori

Sakurada Aoi:

Remembers Everything (Invicible Work), sekali dia ingat, maka Aoi tidak akan pernah melupakannya.

Sakurada Shiori:

Converse with Objects (Soul Mate), dapat berkomunikasi dengan binatang dan benda mati.

JnD-KanadeShu

Sakurada Kanade:

Materialization (Heaven’s Gate), kemampuan materialisasi, dapat mewujudkan benda apapun yang dipikirkannya namun nilai atau harga dari benda yang diwujudkannya akan langsung mengurangi saldo rekening tabungannya.

Sakurada Shu:

Teleportation (Transporter), dapat melakukan teleportasi dirinya dan yang disentuh kemanapun sesuai yang dia bayangkan.

JnD-MisakiHaruka

Sakurada Misaki:

Split Emotion (All for One), Misaki dapat menciptakan 7 clone dirinya dengan kepribadian yang berbeda-beda.

Sakurada Haruka:

Predict Probability (Lots of Next), Haruka dapat membaca perkiraan (probabilitas) dari seluruh kejadian dengan tepat.

JnD-TeruHikari

Sakurada Teru:

Power, Super Strength (Limit Over), Teru mendapatkan raw power layaknya super human.

Sakurada Hikari:

Manipulate Life (God Hand), Hikari dapat memanipulasi penampilan fisik makhluk hidup menjadi lebih tua ataupun muda, namun hal itu hanya bertahan selama 24 jam.

Singkat cerita, Akane yang tidak ingin mendapat peringkat terakhir akhirnya bekerja sama dengan Hikari untuk mengambil boneka tersebut namun Shu tidak sengaja melakukan teleportasi dirinya bersama rok Akane ke suatu tempat, menyebabnya pantyshot fanservice yang kesekian kalinya. Pada akhirnya Akane dan Hikari yang mendapatkan hukuman untuk membersihkan kamar mandi kastil kerajaan karena mereka berdua yang tidak mengumpulkan boneka sama sekali.

Akane yang ingin menjadi seperti Dandelion dimana dia tidak menjadi pusat perhatian banyak orang ataupun direkam kamera berambisi untuk menjadi raja karena dengan menjadi raja dia dapat menghapus kebijakan pemasangan kamera diseluruh kota dan dapat menghentikan acara TV ekslusif yang mengekspos kegiatan sehari-hari keluarga Sakurada, episode 1 pun berakhir disini.

JnD-4

Episode 2

Episode 2 dimulai dengan adegan Akane dan Hikari membersihkan kamar mandi kerajaan dan setelah itu mereka bersiap-siap untuk hadir ke acara konser yang diadakan oleh kerajaan dalam rangka persiapan pemilihan umum tahun depan. Seperti yang sudah diduga Joukamachi no Dandelion ini akan fokus ke kehidupan sehari-hari Akane beserta kedelapan saudaranya. Mengenal lebih dekat dengan Kanade, anak ketiga dari sembilan bersaudara kali ini Akane berangkat sekolah bersama dengannya.

Meskipun Kanade yang terang-terangan untuk tidak mau pergi bersama Akane karena dapat membuatnya telat untuk datang kesekolah, namun dia sangat menjaga imagenya kalau sudah di depan kamera. Kanade sangat berambisi untuk menjadi raja sehingga dia menahan diri terhadap sikap Akane yang selalu menempel dibelakangnya jika sedang dalam perjalanan ke sekolah. Namun meski Kanade terlihat dingin dan tidak suka terhadap Akane, dia tetap punya sisi baik sebagai kakak lho.

Hal itu ditunjukkan saat Aoi menolong Akane yang sedang menolong kucing dijalan dengan menggunakan kekuatan supernya dan Akane merasa tembok raksasa yang dibuat oleh Kanade agak berlebihan. Sesi pertama episode 2 berakhir disini.

JnD-Kanade JnD-Kanade2

 

Cerita selanjutnya berfokus pada Sakurada Shu, dan Satou Hana yang kembali bertemu di SMA saat dulu pernah sekelas waktu SD. Sudut pandang sangat berfokus pada Satou Hana layaknya wanita remaja yang sedang jatuh cinta pada Shu, karena dia adalah orang pertama yang dapat mengingatnya meskipun hanya sebentar bertemu.

Seusai sekolah, Hana yang lupa mengucapkan selamat tinggal kepada Shu mencoba mengejar Shu sebelum dia pulang namun dia terkejut saat melihat Shu pulang bersama wanita lain yang tidak lain adalah Akane karena dia perlu seseorang untuk menutupi dirinya dari sorotan kamera. Hana yang sudah parno dengan segala hal yang terjadi akhirnya memutuskan untuk membuntuti mereka berdua, namun Shu dan Akane dapat merasakannya dengan mudah bahwa mereka berdua sedang diikuti oleh seseorang.

Shu yang mempergoki Hana mengikutinya akhirnya memaksa Hana mengatakan apa alasan dibalik semua tingkah lakunya yang misterius hingga Hana akhirnya menyatakan perasaannya pada Shu meskipun digantung olehnya karena Shu sedang ingin fokus ke pemilihan umum dan mengatur rencana agar Kanade tidak menjadi raja. Hana yang merasa tidak keberatan menunggu jawaban Shu akhirnya merasakan kesenangan dihatinya meskipun jawaban Shu baru akan diberikan setahun yang akan datang, digantungnya lama juga ya. Episode 2 pun berakhir disini.

Episode 3

Di episode 3 ini akan berfokus ke 4 saudara Akane yang lebih kecil yaitu Hikari, Teru, Haruka dan Shiori. Dimulai dari Hikari, Akane yang mendapatkan giliran untuk berbelanja bahan makanan minggu ini merasakan kesialan sedang menghampirinya. Hikari yang ingin memakan nasi kari akhirnya memutuskan untuk ikut menemani Akane untuk berbelanja, meskipun motif sebenarnya adalah ingin tampil dan memberi kesan kepada warga didepan kamera agar votingnya meningkat. Singkat cerita, banyak kejadian-kejadian yang tidak diinginkan oleh mereka berdua sejak tidak sengaja terpisah saat pergi belanja namun di episode ini ada Akane kecil yang sangat imut juga lho

 

 

JnD-akane3

Minggu selanjutnya Akane mendapatkan tugas untuk berbelanja lagi saat mengambil undian, Teru yang masih kecil tentu tidak diizinkan untuk ikut mengambil undian karena Aoi merasa tanggung jawab itu terlalu besar. Teru menawarkan bantuannya kepada Akane untuk memberikan tugas pergi belanja kepadanya. Shiori yang melihat ambisi besar Teru namun juga khawatir dengan sikapnya yang ceroboh akhirnya memutuskan untuk ikut menemani Teru berbelanja.

Akane yang sebenarnya tidak ingin membiarkan mereka berdua pergi belanja sendiri akhirnya mengikutinya dengan bantuan Hikari, dengan kekuatannya Akane dapat mengawasi Teru dan Shiori dengan mudah karena tidak dapat dikenali, setidaknya itu yang dia harapkan namun tidak untuk Shiori. Meskipun Teru sangat ceroboh seperti lupa dimana menaruh daftar belanjaannya, tetapi hatinya sangat baik dan keinginannya untuk melindungi yang lemah sangat membuatnya terlihat seperti karakter protagonis manga shounen.

JnD-Teru

Yang terakhir berfokus kembali kepada Hikari, melihat peringkat mingguannya turun dia merasa perlu melakukan suatu gebrakan baru untuk menarik perhatian masyarakat agar mereka mau memilihnya menjadi raja selanjutnya, dan dia memutuskan gebrakan tersebut adalah menjadi idol! Dibantu oleh Haruka akhirnya mereka berdua berusaha mengikuti audisi idol, namun apa daya karena ketahuan masih duduk di bangku SD, Hikari gagal lolos audisi.

Namun usahanya menjadi idol tidak berakhir disitu, seorang agensi yang melihat potensinya untuk menjadi idol menghampiri dan memberikan harapan baru untuk Hikari, melihat responnya yang begitu bagus akhirnya pihak agensi ingin berbicara dengan orang tua Hikari. Terkejut mengetahui bahwa gadis yang dia rekrut untuk agensinya ternyata adalah anak seorang raja, dia meminta maaf atas kelakuannya dan tetap memohon agar mengizinkan putrinya untuk menjadi idol.

Tidak disangka permintaan mereka diterima dengan mudahnya. Hikari yang akhirnya berhasil menjadi idol dengan nama samaran Raito Sakurappa. Mengingat bahwa tujuan awal dia menjadi idol adalah agar dikenal oleh masyarakat, Hikari merasa semua usahanya sia-sia.

JnD-Hikari

Tidak disangka tulisan ini sudah sangat panjang, karena memang banyak sekali cerita-cerita pendek yang dapat dijabarkan tiap episodenya. Untuk penjelasan universenya bahkan sudah cukup jelas sejak episode 1, 3 episode pertama untuk anime Joukamachi no Dandelion ini sangat memuaskan dengan slice-of-life komedi menjadikan judul yang satu ini menjadi tontonan ringan yang menarik dan patut ditunggu setiap minggunya. Untuk cerita kedepannya sepertinya hanya akan fokus ke pendalaman karakter karena masih episode awal, namun mengetahui beberapa motif tiap kandidat seperti Shu yang ingin mencegah Kanade menjadi raja adalah satu hal yang menarik.

8/10

Bagaimana rating Joukamachi no Dandelion menurut kalian?

JnD-akane2

You may also like...

Top