Keseruan Gelar Jepang Universitas Indonesia ke-21 Bersama Waku Waku Japan

DemenJejepangan.com – Pada tanggal 7-9 Agustus lalu, baru saja diadakan sebuah event jejepangan yang diselenggarakan oleh Himaja (Himpunan Mahasiswa Japanologi) UI. Bertempat di Pusat Studi Jepang untuk hari pertama dan kedua, dan untuk hari ketiganya bertempat di Boulevard UI dimana sedikit berbeda dengan hari pertama dan kedua karena di hari ketiga ini terdapat tiket seharga Rp20.000 jika OTS dan Rp15.000 jika presale agar kalian bisa masuk ke acara ini. Acara GJUI tahun ini bertemakan “Japan for Everyone”.

Gelar Jepang merupakan acara tahunan yang sudah diselenggarakan selama 21 tahun dan pengunjungnya terus bertambah dari tahun ketahun, tentu hal ini akan terlihat dari beberapa foto yang ada dibawah nanti, betapa ramainya pengunjung Gelar Jepang ini.

Terdapat berbagai acara menarik yang dapat diikuti dan dinikmati oleh pengunjung Gelar Jepang. Ada berbagai jenis lomba seperti lomba makan, seminar, workshop, cosplay, gundam, fotografi, dance cover, karaoke dan lomba band. Pertunjukan di Gelar Jepang juga bermacam-macam. Mulai dari demo bela diri tradisional Jepang seperti ninjutsu dan kendo, sampai pertunjukan musik populer Jepang dari artis dalam dan luar negeri.

Oh iya, bagi yang ingin melihat full resolution dari foto-foto yang ada dibawah tinggal klik saja gambarnya.

rundown-jumat

day1-opengate

Untuk Day 1 gerbang masuk dibuka pada pukul 10 pagi dimana kalian bisa melihat sebuah gate yang baru saja dipasang dan stand Waku Waku Japan yang berada di paling depan setelah gerbang masuk. Sebenarnya foto ini diambil sebelum gerbang dibuka sih karena kita hadir sebelum jam 10, ditambah karena Day 1 adalah hari Jum’at jumlah pengunjung yang hadir belum begitu membludak jika dibandingkan dengan Day 2 nanti.

day1-stamping

Akhirnya sekitar pukul 10 gerbang dibuka dan pengunjung sudah dapat masuk. Setiap pengunjung yang datang diwajibkan diberi stamp oleh panitia. Hal pertama yang pasti dilihat setelah stamping adalah patung maskot Gelar Jepang ke 21 ini, yaitu Obentou Gun!

day1-obentougun

Setelah itu disana terdapat booth dari para sponsor seperti Waku Waku Japan atau Love Hokkaido. Hanya saja saat kemarin mengunjungi tempat ini masih banyak booth yang kosong dan belum terisi jadi kita tidak tahu juga booth apa saja yang tersedia disana. Di dalam tenda ini juga terdapat mini-stage untuk acara dari para sponsor.

day1-sponsorbooth3

day1-sponsorbooth2

day1-sponsorbooth4

day1-sponsorbooth

Selesai dengan booth sponsor akhirnya kita masuk kedalam Pusat Studi Jepang yang merupakan area untuk Gelar Jepang Day 1 & 2. Karena baru open gate juga jumlah pengunjung yang datang belum begitu banyak, ditambah hari itu adalah hari Jum’at sehingga mungkin saja banyak yang lebih memilih untuk datang mulai dari Day 2 saja.

day1-view

Akhirnya kami memutuskan untuk langsung menuju auditorium untuk mengikuti rangkaian acara yang ditulis di rundown. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC terlebih dahulu, disusul dengan penampilan dari Nihon Biyou, Arumba, Koto dan OSUI Mahawaditra.

day1-arumba2

day1-koto

day1-arumba

 

day1-nihonbuyou

Namun setelah penampilan dari mereka semua jam sudah menunjukkan pukul 11:45. Kami memutuskan untuk pergi meninggalkan auditorium untuk shalat Jum’at sehingga tidak sempat melihat semua sambutan dan theme song GJUI21. Setelah selesai shalat Jum’at rundown selanjutnya adalah seminar film, dilanjut dengan lomba turnamen Yu-Gi Oh! serta workshop-workshop lainnya seperti animasi, komik, makanan sehat okinawa dan washi ningyo, hanya saja bertempat diruangan yang berbeda.

day1-seminarfilm

day1-seminarfilm2

Acara puncak untuk Day 1 adalah lomba karaoke yang memakan waktu dari jam 3 hingga 5 sore. Juara hanya ada juara 1 dan 2 serta dipisah menjadi dua kategori yaitu kategori karaoke solo dan duet. Banyak sekali penyanyi yang memiliki suara yang indah namun yang mampu menguasai stage dan audience lah yang berhasil meraih juara.

day1-karaokeparticipant

day1-karaokeparticipant2

 

rundown-sabtu

Berpindah ke Day 2, diluar dugaan jumlah pengunjung yang hadir sepertinya hampir melebihi kapasitas PSJ itu sendiri sehingga sempat terjadi lautan manusia di depan pintu auditorium tempat dimana banyak merchandise dan clothing anime dijual. Namun rangkaian acara untuk Day 2 lebih tersebar diberbagai tempat dan tidak hanya terfokus di auditorium saja. Terutama salah satu acara yang selalu menarik ditonton adalah lomba makan ramen, ekspresi dan usaha para peserta untuk menghabiskan makanan yang ada di depan mereka secepat mungkin.

panorama-day2

day2-queue

day2-crowds

day2-crowds2

day2-ramen

day2-ramen2

day2-ramen3

Tidak terlupakan adanya pameran dari Gunpla yang dapat dilihat disebelah kiri setelah memasuki area PSJ

day2-gundam

day2-gundam7

day2-gundam6

day2-gundam5

day2-gundam4

day2-gundam3

day2-gundam2

Sedangkan untuk seminar yang diadakan pada Gelar Jepang Day 2 adalah seminar Seiyuu.

day2-seminar

day2-seminar2

Adapun demo Ninjutsu dan Kendo yang diadakan di area rumput sekitar area PSJ

day2-kendo

day2-kendo2

day2-ninjutsu

day2-ninjutsu2

Disaat yang bersamaan, auditorium pada Day 2 jauh lebih penuh ketimbang Day 1 bahkan panitia sempat melarang pengunjung masuk ke auditorium karena penuhnya massa yang berada didalam auditorium. Total ada 14 group dance cover yang tampil kalau tidak salah dan juaranya akan tampil lagi di panggung utama Day 3 Gelar Jepang.

day2-dancecover

day2-dancecover2

day2-dancecover3

Sebuah event jejepangan tentu tidak lengkap bila tidak ada yang street cosplay

day2-cosplay

day2-cosplay2

day2-cosplay3

day2-cosplay4

day2-cosplay5

day2-cosplay6

day2-cosplay7

day2-cosplay8

day2-cosplay9

day2-cosplay10

Begitulah keseruan Gelar Jepang pada hari pertama dan kedua, namun itu semua baru permulaan dari puncak acara Gelar Jepang ke 21 ini. Untuk Day 3 tempat diselenggarakan acara bukan lagi di Pusat Studi Jepang melainkan di Boulevard UI dan untuk masuk diperlukan tiket HTM seharga Rp20.000 (Rp15.000 jika presale). Tidak disangka panjangnya antrian bahkan mencapai hingga stasiun Pondok Cina!

day3-queue

day3-queue2

day3-queue4

day3-queue3

panorama-day3

day3-area

day3-area2

day3-crowds3

day3-mainstage

day3-crowds2

day3-crowds

rundown-minggu

Seperti biasa, rangkaian acara utama berada di panggung utama, mulai dari penampilan band, penampilan dari maid cafe hingga Lumina Scarlet! Tidak kalah dengan penampilan band yang mengcover lagu anime seperti Room 32, HoneybeaT, Momiji dan yang lainnya juga memberikan penampilan semeriah mungkin sehingga suasana GJUI21 hari terakhir ini menjadi puncak acara jika dibandingkan 2 hari sebelumnya. Ada juga penampilan Tokusatsu yang ikut memeriahkan acara ini. Para pemenang lomba fanart juga hadir dipanggung ini untuk menerima hadiah juara. Ada juga Yosakoi yang sempat membuat ramai area di depan panggung utama.

day3-room32

day3-cosplayumi

day3-lusca7

day3-lusca6

day3-lusca5

day3-lusca4

day3-lusca3

day3-band3

day3-band2

day3-band

day3-maidcafe

day3-lusca2

day3-gunpla2

day3-gunpla

day3-lusca

day3-maidcafe4

day3-gaijingag2

day3-maidcafe3

day3-maidcafe2

day3-gaijingag

day3-foods

day3-yosakoi3

day3-yosakoi2

day3-yosakoi

day3-winner7

day3-winner6

day3-winner5

day3-winner4

day3-winner3

day3-winner2

day3-winner

day3-tokusatsu

 

Malam pun telah tiba dan jumlah massa yang berada di depan panggung utama justru bertambah banyak. Tentu saja karena salah satu tujuan mereka datang di Gelar Jepang hari terakhir ini karena ingin menonton special guest star tahun ini, yaitu Silent Siren! Namun menjelang maghrib sebelum Silent Siren tampil ada beberapa penampilan dari Obake, HoneybeaT dan Hiroaki Kato yang ternyata fasih berbahasa Indonesia, itu karena dia sempat belajar sastra Indonesia di UGM melalui pertukaran pelajar.

day3-hiroakikato

day3-hiroakikato2

day3-hiroakikato3

day3-hiroakikato4

day3-hiroakikato5

day3-obake

day3-obake2

day3-obake3

day3-obake4

day3-obake5

Akhirnya yang paling ditunggu-tunggu, sesi acara dari Waku Waku Japan! Terdiri dari Miss Kawaii Contest dan penampilan dari Silent Siren! Hiroaki Kato pun menjadi MC-nya di sesi ini dikarenakan juri untuk Miss Kawaii Contest dominan adalah orang Jepang. Acara dari Waku Waku Japan ini sekaligus menutup acara Gelar Jepang ke 21 ini. Ditutup dengan Bon Odori serta Hanabi kemeriahan Gelar Jepang tahun ini tidak bisa dilupakan. Semoga Gelar Jepang yang akan datang akan semakin meriah serta dengan pertimbangan jumlah pengunjung yang selalu meningkat tiap tahunnya, area untuk Gelar Jepang selanjutnya bisa diperluas.

day3-kawaiicontest

day3-kawaiicontest2

day3-kawaiicontest3

day3-kawaiicontest4

day3-silentsiren30

day3-silentsiren

day3-silentsiren2

day3-silentsiren3

day3-silentsiren4

day3-silentsiren5

day3-silentsiren6

day3-silentsiren7

day3-silentsiren8

day3-silentsiren9

day3-silentsiren10

day3-silentsiren11

day3-silentsiren12

day3-silentsiren13

day3-silentsiren14

day3-silentsiren15

day3-silentsiren16

day3-silentsiren17

day3-silentsiren18

day3-silentsiren19

day3-silentsiren20

day3-silentsiren21

day3-silentsiren22

day3-silentsiren23

day3-silentsiren24

day3-silentsiren25

day3-silentsiren26

day3-silentsiren27

day3-silentsiren28

day3-silentsiren29

day3-silentsiren31

day3-silentsiren32

day3-silentsiren33

day3-silentsiren34

day3-silentsiren35

day3-silentsiren36

day3-silentsiren37

day3-silentsiren38

day3-silentsiren39

day3-silentsiren40

day3-silentsiren41

day3-silentsiren42

Begitulah keseruan Gelar Jepang ke 21 selama 3 hari berturut-turut, bagaimana menurut kalian event Gelar Jepang tahun ini?

You may also like...

Top