Sword Art Online: The Beginning, Ternyata Bukan VR MMO Seperti Yang Bayangkan

Beberapa pekan yang lalu sembat beredar dan viral video di internet tentang Virtual Reality Sword Art Online yang disponsori oleh IBM. Video yang berdurasi 1 menit 14 detik ini memperlihatkan seakan-akan IBM berencana untuk mengemas dunia ‘Sword Art Online’ menjadi sebuah Virtual Reality nyata yang dapat dimainkan melalui device seperti Oculus Rift. Namun netizen sepertinya telah salah memahami maksud sesungguhnya dari video ini. Sebelumnya banyak beredar di Internet bahwa Sword Art Online: The Beginning adalah sebuah game virtual reality MMO yang akan dirilis oleh IBM Watson, dan 208 yang (sangat) beruntung akan dipilih untuk melaksanakan alpha test pada sebuah acara di Tokyo di bulan Maret ini.

 

Namun seperti yang dikutip dari roadtovr bahwa ini sama sekali bukanlah game!

Dia (Shun Kubota) menegaskan bahwa konsep marketing dibalik Sword Art Online: The Beginning adalah untuk menunjukkan “apa yang akan terjadi jika misalkan IBM mengembangkan teknologi gaming di masa depan

“Jadi, ini bukan pengembangan game yang sebenarnya? itu hanya teknik pemasaran untuk memamerkan VR, IBM Watson, dan Sword Art Online?” Tanya jurnalis roadtovr.com. “Tepat,” jawab Kubota.

TheVerge menambahkan konfirmasi tentang kejelasan ini karena jurnalis mereka berhasil berbicara langsung dengan  juru bicara dari IBM yang semakin menegaskan bahwa Sword Art Online: The Beginning adalah kampanye pemasaran pendek dan bukan pengembangan VR MMO yang sesungguhnya.

Jadi apa yang didapatkan oleh 208 orang yang terpilih ketika mereka melihat “Alpha ‘? Mereka akan melihat kampanye pemasaran durasi 20 menit yang sudah finished(bukan’alpha’).

Jadi bisa dibilang ini semua hanyalah sebuah kampanye dari IBM bersama dengan Sword Art Online dalam rangka bagaimana bila mereka mengembangkan teknologi game untuk masa depan.

Kekecewaan mungkin tidak bisa terhindari dimana orang-orang sangat menantikan era Virtual Reality benar-benar terjadi. Tapi yang IBM lakukan adalah semacam pengalaman dan sensasi Virtual Reality Sword Art Online seperti yang diadakan pada Anime Expo 2014 lalu. Tentu jika berencana untuk membuat full-game Sword Art Online, membayangkannya saja pasti merupakan sesuatu yang sangat besar, tetapi bukan sesuatu yang mustahil kan? Mungkin suatu hari nanti hal ini akan terjadi namun, bukan sekarang.

Sumber:

forum-animeindo.com, roadtovr, TheVerge

You may also like...

Top